Senin, 18 Maret 2013

Kuliner: Jepang

Hi...
kali ini aku mau sharing nih, waktu aku kuliner di jepang :p Sambil menyelam minum air, kerja sambil berlibur emang yang paling asik deh... apalagi kalo udah yang namanya makan makan... euuhhhhhh... Jepang pula!
Hahhahahahaha

Oke, secara umum, sebenernya masakan Jepang itu kebanyakan makanan seafood ya, kaya udang, kepiting,     ikan, cumi cumi, banyak lagi deh. Yah salah satunya deh, yang paling terkenal itu kan Sushi... :D Sushi sendiri  adalah ikan yang di masak setengah matang (biasanya, mentah dan matang juga ada) terus dibalut nasi. Atau sebaliknya juga ada :) Tergantung menunya.


Nah, kalau sushi kan udah terlalu mainstream tuh... Kalau gitu aku kasih yang kayanya masih asing, tapi recommended untuk dicoba :)

Langsung aja yaaa.....

Shabushabu

Untuk hidangan ini, kita bisa mencelupkan irisan tipis daging sapi, atau juga bisa pakai daging udang dan kepiting (sesuai selera) dalam panci berisi air mendidih selama beberapa detik dan kemudian daging sapi tadi dicelupkan ke dalam saus wijen (goma dare) sebelum kita makan. Kemudian, sayur-sayuran seperti jamur Enoki dan kubis cina, tahu dan shirataki ditambahkan. Ketika dimasak, makanan ini dicelupkan ke dalam saus kecap dan jeruk (ponzu). Setelah daging sapi dan sayuran telah selesai, udon dapat ditambahkan ke dalam panci dan dimakan dengan tambahan Penyedap lain seperti kaldu, bawang putih, lokio dan daikon. Ini merupakan makanan yang paling Ekonomis di jepang.
 Dan yang lebih seru lagi, karena kita ambil langsung dari panci yang sedang di masak, makanannya akan tetap hangat dan biasanya dimakan bareng2 sama temen atau keluarga :D


 Dorayaki

Hayo siapa yang gak tau kue yang satu ini? Kalau pernah nonton doraemon pasti tau kue ini ^^
Yaps, makanan kesukaan Doraemon, kue dorayaki. Kue khas jepang (wagashi) yang satu ini terdiri dari 2 lapisan kue lembut berbentuk buat tembem dan ditengahnya itu dilekatkan selai kacang merah.
Jujur sejak aku nonton doraemon, aku kira yang di tengah itu selai coklat :p

Donburi

Donburi adalah makanan Jepang berupa nasi putih dengan berbagai macam lauk di atasnya seperti ikan, daging dan sayur-sayuran berkuah yang dihidangkan di dalam mangkuk besar yang juga disebut donburi. Kuah untuk donburi bergantung pada jenis makanan, tapi pada umumnya berupa dashi dicampur kecap asin dan mirin. Donburi juga biasanya dimakan bareng bareng ya. Emang nih masakan jepang rata2 bisa meningkatkan kebersamaan antara teman atau keluarga.. Apalagi pacar :D
hihihihihihihi

 Tempura

Tempura adalah makanan seafood (biasanya udang) yang dicelupin ke dalam adonan tepung kemudian di goreng. Bisa diliat ya dari crispy2nya gitu. Dan kemudian disajikan lengkap dengan saus khasnya. Dan yang dibilang tempura itu sendiri adalah sausnya itu.



Sukiyaki

Nah, lagi lagi nih, makanan jepang pake panci besar. Sukiyaki adalah sup yang disajikan dengan irisan daging sapi dan sayur sayuran lainnya di dalam Nabe (panci besar). Dibawahnya itu ada telur mentah yang dihancurkan. Tapi karena dimasak juga, gak mentah mentah amat sih telurnya :)  Sayuran yang biasanya digunakan adalah daun bawang, jamur shiitake dan daun krisan (shungiku). Juga ditambahkan dengan tahu dan mie (shirataki), bahan dimasak dalam saus yang terbuat dari kecap, gula dan sake manis (mirin).

Mie Ramen

Hayooo... nih yang cowo cowo pasti pada tau yaa... Buat yang sering nonton Naruto nih, makanan kesukaan tokoh Naruto tiap hari. Makan mie ramen :P

Ramen adalah makanan banyak rakyat di Jepang. Kuah ramen mempunyai banyak sekali variasi rasa yang ditentukan oleh jenis kaldu yang digunakan, bumbu dan lauk yang ditambahkan di atas mi. Bahan-bahan produksi lokal dari berbagai daerah sering digunakan untuk menghasilkan rasa lokal yang khas dan disukai penduduk setempat.

Kaldu untuk kuah bisa diambil dari campuran berbagai bahan seperti tulang babi, tulang sapi, tulang ayam, katsuobushi, sababushi, niboshi, konbu, kacang kedelai gongseng, shiitake, bawang bombay atau daun bawang. Ramen bisa digolongkan berdasarkan jenis-jenis kuah misalnya kuah rasa kecap asin, kuah rasa tonkotsu (tulang babi), rasa shio (garam), dan rasa miso.


Nah, untuk yang muslim, hati2 nih kalau mau makan ramen, soalnya emang biasanya mie ramen itu disajikan dengan daging babi. Tapi ada juga kok kedai ramen yang gak pake daging babi. Meskipun jarang banget karena khasnya emang pake babi2an gitu. :)


Naaahhh itu beberapa yang bisa aku share saat ini. Mungkin kalau aku ada waktu ke jepang lagi, aku jepret kompit sekomplit komplitnya dan nyobain semua masakan khas negri matahari terbit itu ^^
Yosh... semoga kalian bisa ke Jepang dan nyobain semuanya juga yaaaa ^^

Ganbarimasu~!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar