Kamis, 04 April 2013

Bedanya Kimono Dengan Yukata


Contoh Yukata yang
pernah kupakai
Uhhh.... Aku berkali kali bilang kalau yang aku pakai itu bukan kimono tapi yukata. Aku rasa kalian udah tau kalau 2 pakaian khas ini berasal dari Jepang. Dari namanya aja udah ketahuan ya. Tapi memang bener ya, Yukata dan Kimono itu kembar tapi beda. Kalau yang nggak pernah nyoba atau liat secara langsung mungkin gak tau bedanya dimana.  Dan memang hampir gak ada bedanya kalau dilihat sepintas

Kali ini aku akan coba jelasin tentang bedanya Kimono dengan Yukata. Aku juga gak bakal sharing pengetahuan sebatas pengetahuanku sendiri kok. Aku cari sumber supaya artikelnya komplit. Soalnya kalau cuma dari pengetahuanku aja, jelas gak cukup.
Oke langsung aja ya...


Perbandingan antara kimono dan yukata

  1. Di jepang, kimono biasanya di gunakan untuk acara acara formal, misalnya upacara pernikahan, upacara kedewasaan, dan pagelaran budaya (tapi biasanya pake yang KW supaya yang asli gak rusak, meskipun ada juga kadang pake yg asli), kalau yukata bisa dipakai kapan aja dan biasa untuk santai atau sehabis mandi air panas. Yukata juga biasanya dipakai untuk acara festival musim panas ketika jalan2 untuk melihat kembang api, festival matsuri pada musim gugur (Itu lho yang angkat2 kuil sambil teriak BANZAI, BANZAI!), dan juga untuk perayaan Obon.
  2. Kimono sampai sekarang bisa terbilang langka, di toko toko jepang juga udah jarang yang jual. Meskipun ada bahannya gak terlalu bagus alias KW. Sekalipun ada yang jual pasti harganya mahal, nggak... MAHAL BANGET!! (Ini nih kehebatan Jepang untuk mempertahankan budayanya) Kalau yukata malah sebaliknya, di toko toko jepang banyak yang jual dengan berbagai rupa dan ukuran dan harganya pun relatif terjangkau :D
  3. Perbedaan paling jelas dari kimono dan yukata dapat dilihat dari jumlah lapisan yang digunakan. Kimono biasanya selalu menggunakan 2 lapis pakaian, Hadajuban untuk lapisan luar, Juban untuk lapisan dalamnya. Sedangkan untuk yukata hanya menggunakan 1 lapisan saja, yaitu Hadajuban.
  4. Dan aku baru tau juga, ternyata ukurab lebar lengan kimono itu menentukan status seorang wanita di jepang (maksudnya udah nikah atau masih gadis), berbeda dengan yukata yang bisa dipakai siapa saja tanpa mengenal status seseorang yang memakainya :)
  5. Yukata kalau dipake rasanya lebih adem, karena yukata cuma 1 lapis tipis terbuat dari bahan katun yang memang tujuannya untuk santai dan udara sejuk bisa masuk, beda dengan kimono yang tebal dan 2 lapis kayanya panas banget dan makenya juga lumayan lebih ribet dari pada Yukata
Nahh... itu beberapa perbedaan setelah aku baca baca di internet. Semoga sekarang bisa diperbaiki ya untuk dapat membedakan Kimono dan Yukata. Jangan niatnya mau beli yukata malah beli kimono, nanti tekor baru nyaho.

Oke semoga bermanfaat ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar